Tingkatkan Kualitas Pertanian, Anggota DPR RI Gelar Bimtek di Kepulauan Sula

  • Whatsapp
Staf Ahli Amana Upara

SULA, detikgo. com, – Anggota DPR RI Komisi IV menggelar Bimbingan Tiknis (Bimtek) tentang Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluhan Wilayah Kordinasi Polbangtan Gowa, tahun 2023 di istana daerah Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, Minggu (28/5/2023) tadi.

Anggota DPR RI, Alien Mus melalui Staf Ahli Amana Upara mengatakan, bahwa kegiatan ini sudah berjalan sekitar dua tahun, dimana untuk tahun 2022 dilaksanakan di kota Ternate melibatkan 250 orang peserta dan kemudian pada tahun 2023 di Kabupaten Sula dengan peserta sebanyak 500 orang.

Kemudian kegiatan Bimtek dilaksanakan sejak tanggal 28-29, jadi untuk peserta hari pertama sejumlah 300 orang, untuk peserta hari kedua sebanyak 200 orang, jadi kegiatan untuk tidak melibatkan semua masyarakat dari desa akan tetapi hanya keterwakilan masyarakat dari 12 kecamatan, nah keterwakilan itu di prioritaskan khusus peterna yang menerima bantuan.

“Selain itu, walaupun belum menerima bantua tapi karena berkaitan dengan Penyeluhan untuk penjegahan penyakit pada sapi, tapi intinya Penyeluhan ini di proritaskan kepada peterna seperti sapi dan ayam. Bimtek di kepulauan Sula, pihaknya bertujuan fokus untuk pengembangan peternak,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Amana program aspirasi ini sudah berjalan sejak tahun 2020 hingga sekarang serta juga masyarakat sebagian sudah menerima bantuan makanya harus ada Bimtek dengan tujuan memberikan pengatahuan kepada kelompok peterna terkait cara memelihara sapi dengan baik.

Hewan ternak yang sudah di salurkan seperti Desa Waitina, Mangon dan Desa Bega, Baleha, Wailia, desa sekom serta masi banyak desa lain.

“Dan agenda ini diproritas di Sula dan Taliabu, jadi nanti di tanggal 30-31 ada juga Bimtek Dirjen Perkubunan terkait cara pengelolaan cengke dengan baik,” pintanya. (Isrudin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *