Pembangunan IKN Nusantara, IWAPI Kaltim: Peluang Usaha Bagi Masyarakat

  • Whatsapp
Ernawati Gafar, SE,

PPU, detikgo.com – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalimantan Timur sangat menyambut baik pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalimantan Timur, Ernawati Gafar, SE, kepada wartawan, Rabu (01/02/2023).

Bacaan Lainnya

Karena adanya pembangunan IKN Nusantara ini akan memberikan peluang usaha bagi masyarakat khususnya bagi pengusaa perempuan.

Pembangunan IKN Nusantara sudah dilakukan termasuk 22 tower yang akan segera rampung. Pembangunan tower ini akan diperuntukkan bagi Pekerja Konstruksi, dan akan dibangun juga tower untuk ASN termasuk TNI/Polri.

Dengan adanya pembangunan ini, maka menjadi peluang usaha khususnya bagi pengusaha IWAPI yang tergabung dalam IWAPI Kaltim.

Pihaknya sudah melakukan persiapan dalam ambil bagian dalam pembangunan IKN Nusantara termasuk dengan melakukan kerja sama dengan Badan Otorita pada Agustus 2022 lalu.

“Banyak peluang usaha yang bisa kami kerjakan di IKN Nusantara. Yakni penyediaan makanan (Catering) dan laundry yang diperuntukkan bagi pekerja”, ucap Ernawati Gafar, SE.

Saat ini pegusaha lokal yang tergabung dalam Iwapi juga sudah membangun fasilitas untuk penyediaan makanan di IKN Nusantara.

Saat ini para pelaku UMKM dan pengusaha perempuan juga akan dilibatkan dalam pembangunan IKN Nusantara terutama dalam hal penyediaan makanan dan laundry.

Kami harapkan pemerintah bisa memberdayakan pengusaha lokal khususnya pengusaha perempuan. Kalau bisa ya dikasih porsi lah 30 persen untuk turut ambil bagian di IKN Nusantara.

Peran utama dalam pemberdayaan pengusaha perempuan berada di DPC Iwapi Penajam Paser Utara. Karena lokasi IKN Nusantara berada di Kabupaten PPU.

Sejumlah anggota Iwapi di PPU sudah mulai ambil bagian dalam pembangunan IKN Nusantara.

“Kami sudah dapat laporan bahwa pengusaha perempuan di PPU sudah mulai ambil bagian baik itu makanan maupun laundrynya. Karena IKN berada di PPU maka mereka lah yang kami dorong untuk memanfaatkan peluang ini”, ucap Ketua DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalimantan Timur, Ernawati Gafar, SE.(Rizal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *