Operasi Lilin Samrat 2020 Berakhir, Polda Sulut Dan Jajaran Berhasil Amankan Natal Dan Tahun Baru

  • Whatsapp

MANADO(detikgo.com)-Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Samrat 2020 dalam rangka pengamanan Nataru (Natal dan Tahun Baru) yang dilaksanakan serentak se-Indonesia selama 15 hari sejak 21 Desember 2020, berakhir pada 4 Januari 2021.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, secara umum pelaksanaan Operasi Lilin Samrat 2020 di wilayah hukum Polda Sulut berjalan dengan baik.

Bacaan Lainnya

“Penjagaan ekstra ketat dilakukan petugas di seluruh gereja maupun lokasi-lokasi strategis lainnya saat perayaan Nataru. Sehingga situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di wilayah Sulawesi Utara sampai saat ini tetap aman dan kondusif,” ujarnya sesaat usai mengikuti rapat analisa dan evaluasi di Mapolda, Selasa (05/01) pagi.

Kombes Pol Jules Abraham Abast berdasarkan data diperoleh dari Satgas Opsda, menerangkan, di bidang lalu lintas petugas lebih mengutamakan sanksi teguran kepada para pelanggar dari pada tilang.

“Terjadi penurunan tilang secara drastis pada Operasi Lilin Samrat 2020 dibanding dengan tahun 2019. Yaitu dari 797 menjadi 15, turun sebanyak 782 kasus atau 98,11 persen. Penurunan tilang tersebut karena Operasi Lilin Samrat merupakan operasi kemanusiaan, jadi lebih mengedepankan teguran bersifat pembinaan secara humanis,” jelasnya.

Kemudian di bidang kamtibmas, angka kejahatan juga mengalami penurunan dibandingkan dengan Operasi Lilin Samrat 2019. Yakni, dari 257 menjadi 147, turun sebanyak 110 kasus atau 42,8 persen.

Sedangkan dalam hal upaya pencegahan penyebaran Covid-19 selama pelaksanaan Operasi Lilin Samrat 2020, petugas menegur 6.600 pelanggar protokol kesehatan.

Kombes Pol Jules Abraham Abast menambahkan, juga dilakukan patroli pencegahan Covid-19 di tempat-tempat keramaian.

“Patroli dilakukan sebanyak 1.500 kali, kemudian sosialisasi protokol kesehatan 2.730 kali, pembagian masker 7.200 kali, pemberian bantuan sosial 1.720 paket, serta pemasangan sticker Ayo Pakai Masker 2.500 kali,” rincinya.

Dalam kesempatan ini Kombes Pol Jules Abraham Abast mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan Operasi Lilin Samrat 2020.

“Atas nama Kapolda Sulut, diucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan seluruh instansi, masyarakat, serta pihak-pihak terkait lainnya yang sudah bersama-sama mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Samrat 2020. Sehingga operasi berjalan dengan maksimal, dan situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif,” pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.(Bidhumas/ Maria)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *