Inilah Bukti Kerja Pemerintahan Aliong-Ramli di Taliabu

  • Whatsapp
Bupati Kabupaten Pulau Taliabu H. Aliong Mus dan Wakil Bupati Akbp (Purn) Ramli

TALIABU, detikgo.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, terus berupaya mewujudkan sejumlah program prioritas Bupati Kabupaten Pulau Taliabu Aliong Mus dan Wakil Bupati Akbp (Purn) Ramli, Senin (10/4).

Di tahun 2023 ini Dinas PUPR di bawah kepemimpinan Kepala Dinas Suprayidno mulai action menjalankan beberapa proyek yang sudah berkontrak.

Bacaan Lainnya

Suprayidno menjelaskan, ada kurang lebih 14 program yang sudah dalam proses berkontrak yang siap dilaksanakan tahun ini.

Ke-13 proyek tersebut, yaitu:

1. Pembangunan sisi kiri dan kanan kantor bupati
2. Pembangunan kantor OPD
3. Pembangunan ISDA
4. Pembangunan alun-alun
Landmark
5. Jogging track
6. Pelebaran jalan dalam kota
7. Peningkatan jalan akses kantor bupati 2
8. Saluran dalam kota Bobong
9. Median dan PJU Kota Bobong
10. Lanjutan pembangunan jalan Bobong-Dufo
11. Pekerjaan jalan Kawalo-Nggoli
12. Pembangunan jembatan Air 13. Kabuta-Telaga Likitobi (sementara proses pematangan desain)
14. Penimbunan badan jalan baru dalam kota.

Selain itu, Suprayidno menyebutkan untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) jalan 2023 total Rp 31,8 miliar.

Anggaran ini terdiri atas pembangunan dua ruas jalan yaitu Bobong-Dufo butas CPHMA (3 kilometer) dan Kawalo-Nggoli lapen (5 kilometer).

Ia mengatakan, PUPR tetap berkomitmen menjawab kendala infrastruktur di Taliabu sesuai komitmen dan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati.

Suprayidno juga menepis isu yang menyebutkan Pemda Taliabu tidak bisa berbuat banyak. Ia lantas merinci bukti kerja PUPR Taliabu tahun 2022.

Diketahui Pemkab Taliabu melalui Dinas PUPR sampai dengan tahun 2022 mampu menorehkan beberapa bukti kerja seperti jalan dan jembatan serta pembukaan ruas jalan, yakni:

Jalan aspal Tikong – Desa Hai
Jalan dalam Kota Bobong
Bobong – Ratahaya – Trans Air Fofa
Bobong – Dufo – Holobota
Bobong – Kramat & Beringin
Desa Kilo – Sumbong – Pencado (penyelesaian)
Pencado – Tabona (tuntas)
Tabona – Kataga (penyelesaian)
Dalam Desa Nggele
Dalam Desa Lede
Dalam Desa Talo
Dalam Desa Tabona
Dalam Desa Loseng
Gedung baru kantor Bupati Taliabu.

Menurutnya, dengan segala keterbatasan anggaran daerah, Pemda Taliabu memikul beban pembangunan yang semuanya berawal dari titik nol.

“Taliabu merupakan daerah dengan DAU terkecil di Maluku Utara dan beban infrastruktur cukup besar (bangun dari awal),” akunya

Meski begitu, Suprayidno bilang, dengan beragam kritikan dan keterbatasan anggaran daerah itu tidak mengurangi semangat PUPR Taliabu untuk terus fokus bekerja.

“Dikritik soal tidak ada perkembangan pembangunan di Pulau Taliabu sejak dimekarkan, kami menyikapi kritik ini sebagai motivasi,” katanya.

Kritik tersebut baginya menjadi motivasi untuk fokus dan kerja keras lagi Dinas PUPR dalam menuntaskan pembangunan di Taliabu.

“Walaupun dengan berbagi tantangan (SDM teknis, anggaran, alam, sumber daya ) dalam mewujudkan pembangunan, namun itu tidak membuat kami menyerah,” pungkasnya.(Ode/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *