Lanal Tahuna Bersama BNI, PMI mengadakan Bakti Sosial Dan Bakti Kesehatan Di Nenedakele

  • Whatsapp

SANGIHE, detikgo.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut Tahuna mengadakan kegiatan Karya Bakti dan Bakti Kesehatan, yang berlokasi di Desa Nenedakele, dan untuk kali pertama Danlanal Tahuna, Kolonel Laut (P) Mohamad Bayu Pranoto, S.H.,MTr. Hanla, M.M.CTMP mengunjungi Kecamatan Nusa Tabukan, Jumat (20/01/2023).

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Lanal Tahuna bersama masyarakat Nusa Tabukan yaitu bersih-bersih pantai, pembuatan saluran air, perawatan gedung serbaguna, perawatan mesjid dan gereja, serta perawatan tempat wisata pantai yang ada di Kecamatan Nusa Tabukan, Dan untuk Bakti Kesehatan Lanal Tahuna telah menyiapkan tenaga medis dan bekerjasama dengan PMI cabang Tahuna untuk memberikan pelayanan kesehatan umum, sunat, donor darah, vaksinasi, serta mengadakan lomba dan hiburan yaitu Perlombaan permainan Lato-lato yang diikuti oleh anak-anak SD, SMP, dan dewasa, serta emak-emak.

Dalam sambutannya Danlanal Tahuna, Kolonel Laut (P) Mohamad Bayu Pranoto, S.H.,MTr. Hanla, M.M.CTMP., mengatakan bahwa, “TNI Angkatan Laut sangat konsen terhadap pulau-pulau terluar, dan kegiatan ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari TNI AL yaitu membantu percepatan pembangunan di daerah sekaligus membina Potensi kemaritiman dari seluruh komponen yang ada di wilayah pesisir, khususnya bagi masyarakat nelayan,” jelas Danlanal Tahuna.

Ia juga menjelaskan peran TNI Angkatan Laut di daerah yaitu untuk membantu Pemerintah Daerah dalam membangun daerah terpencil dan menjaga kestabioan ekonomi, serta upaya TNI-AL menciptakan desa-desa bahari yang tangguh.

“Kedepan nantinya akan ada kegiatan lanjutan berskala besar karena akan melibatkan beberapa instansi teknis seperti Dinas Perikanan dan Kelautan dan saya sangat berharap dikegiatan selanjutnya akan ada peningkatan ekonomi serta peningkatan taraf hidup masyarakat karena didalamnya akan ada edukasi yang terkait dengan pembangunan ekonomi di masyarakat, dan dengan adanya edukasi ini dapat mengatasi stunting, gizi buruk, serta memberikan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat nelayan bagaimana caranya mencari ikan dengan benar sehingga bisa membantu masyarakat itu sendiri, untuk itu kami akan menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Kelautan dan Perikanan.” kata Bayu Pranoto.

Kapitalaung Nenedakele sangat berterima kasih atas kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan yang dilakukan oleh Lanal Tahuna bekerja sama dengan BNI (Bank Negara Indonesia) cabang Tahuna, PMI (Palang Merah Indonesia) cabang Tahuna.

Lebih lanjut dalam sambutannya Kapitalaung Nenedakele mengatakan bahwa, “Pemerintah dan masyarakat kampung Nenedakele, mengucapkan terima kasih kepada Danlanal Tahuna serta jajarannya, Bank Negara Indonesia cabang Tahuna, dan PMI cabang Tahuna, Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan ini sangat berarti bagi kami masyarakat yang tinggal di daerah pesisir, kunjungan ini sangat kami apresiasikan dan ini merupakan peran TNI-AL untuk menciptakan masyarakat Kampung Bahari yang tangguh, untuk itu pemerintah kampung mengharapkan agar masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini dalam memeriksakan kesehatan dan juga bagi orang tua yang memiliki anak-anak agar bisa turut serta dalam sunatan gratis yang dilakukan oleh Lanal Tahuna.” kata Husen Mahengkeng.

Dalam kunjungan Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Mohamad Bayu Pranoto, S.H.,MTr. Hanla, M.M.CTMP memberikan bantuan paket sembako untuk masyarakat nelayan, dan kegiatan ini juga diramaikan oleh tarian adat serta perlombaan Lato-lato disemua tingkatan usia. (BENSA).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *