Sambangi Kementerian Koperasi, Rinny Tamuntuan UMKM Adalah Pilar Ekonomi Kab Sangihe

  • Whatsapp

JAKARTA (detikgo.com)- Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia sangat penting dan terlihat dengan kemajuan Indonesia saat ini. Peningkatan atau penurunan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk keterlibatan UMKM,

sehingga UMKM menjadi perhatian utama untuk di berdayakan dan di kembangkan menjadi pilar perekonomian.

Bacaan Lainnya

Kepedulian terhadap UMKM ini sehingga Pj. Bupati Kepulauan Sangihe bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sangihe serta Kadis Pariwisata menyambangi Kementrian Koperasi dan UMKM RI untuk melakukan pertemuan serta mengajukan proposal kepada Asisten Deputi Ekosistem Bisnis dan Kewirausahaan, Irwansyah Panjaitan. Senin, (16/01/2023).

Dalam pertemuan tersebut penjabat Bupati kabupaten kepulauan Sangihe menyerahkan tiga proposal yaitu:
permohonan bantuan SPBU BBM bersubsidi bagi nelayan, permohonan bantuan pelatihan peningkatan kapasitas SDM koperasi dan proposal bantuan kemasan produk.

“Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat tentunya pemerintah berusaha membantu masyarakat pelaku ekonomi sehingga hal ini sangat berguna, dan bantuan dari pusat bisa membantu usaha yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe sehingga usulan kami dapat diterima dengan baik oleh asisten deputi ekosistem bisnis,” ungkap Rinny Tamuntuan.

Sebagai tanggapan atas pengajuan proposal dari Kabuoaten Sangihe, Asisten Deputi Ekosistem Bisnis dan Kewirausahaan Irwansyah Panjaitan mengatakan bahwa, “usulan proposal sudah masuk dalam program prioritas, karena usaha mikro dan usaha kecil di Indonesia yang mendominasi sekitar 95% dari total UMKM tapi nilainya masih lemah baik dari kemampuan, modal, dan kualitas produksi sehingga pentingnya pendampingan pemerintah bagi usaha mikro dan usaha kecil,” jelas Panjaitan.

Lebih lanjut ia mengatakan, “sebagai tindak lanjut dari proposal pembangunan SPBU kementerian akan menurunkan surat untuk program solusi nelayan sehingga dapat disiapkan program koperasi nelayan binaan dan diverifikasi sehingga layak menerima BBM solar bersubsidi dari Pertamina.(Humas/Bensa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *