Andre ‘Opa’ Sumual Resmi Jadi Bakal Calon Bupati Kab Minahasa Dari Partai Gerindra

JAKARTA (detikgo.com)-Nama Andre ‘Opa’ Sumual resmi terdaftar sebagai bakal calon kepala daerah Kabupaten Minahasa setelah secara resmi melakukan pendaftaran ke Partai Gerindra periode 2014-2029 pada Kamis (2/5/2024) di Jakarta.

Berkas pendaftaran Andre ‘Opa’ Sumual diterima langsung oleh Ketua DPC Partai Gerindra Minahasa, Perly GS Pande-Iroot SPd, dan disaksikan oleh Ketua DPD Gerindra Sulawesi Utara, Ir Conny Lolita Rumondor MS dan sejumlah pengurus DPC dan DPD Partai Gerindra Sulut.

Tuama Minahasa yang berkiprah di tingkat nasional ini mengatakan kesiapannya ‘pulang kampung’ untuk membangun Minahasa.
“Sebagai tuama asli Minahasa, saya terpanggil untuk pulang kampung memajukan Kabupaten Minahasa,” kata pria yang akrab disapa dengan nama kecil Opa ini.

“Kabupaten Minahasa memiliki sumber daya alam yang sangat indah yang belum dimanfaatkan sebagai destinasi pariwisata. Padahal, jika dikelola dengan baik, Danau Tondano bisa menjadi destinasi wisata kelas dunia. Apalagi Minahasa punya sumber daya manusia yang pintar-pintar, tinggal di manage dengan baik,” tambah pria yang saat ini ditugaskan Erick Thohir sebagai Komisaris Independen di BUMN PT Perikanan Indonesia.

Masih menurut Sumual, sebagai kader Gerindra dia berjanji bakal meramu semua kelebihan Kabupaten Minahasa itu kedalam visi misi-nya sebagai pemimpin yang ingin daerahnya maju yang tentu akan disinergikan dengan program pemerintah pusat kedepan di bawah Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPC Gerindra Minahasa Perly Pande-Iroot SPd memberikan beberapa pengarahan kepada bakal calon kepala daerah serta memaparkan kinerja, kesiapan serta kemampuan partai untuk mendukung kadernya yang menjadi calon bupati Kabupaten Minahasa.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Gerindra Sulut, Ir Conny Lolita Rumondor MS menyambut baik pendaftaran ini. Menurutnya, Andre ‘Opa’ Sumual merupakan figur pemimpin yang memiliki kemampuan untuk membawa Minahasa baru hingga berdampak pada Minahasa maju.

Sekilas tentang Andre ‘Opa’ Sumual. Sebelum menjadi Komisaris BUMN di PT Perikanan Indonesia, beliau bertugas sebagi Komisaris di BUMN PT Perikanan Nusantara. Pernah bertugas di Kantor Staf Presiden (KSP), sempat aktif bekerja bersama tim Staf Khusus Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan juga menjadi Ketua Umum DPP Relawan Teman Jokowi.

Dalam dunia jurnalis, Sumual pernah menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Trax dan memimpin Verta News TV, sebuah stasiun televisi dengan platform Over the Top (OTT). Sementara itu dalam industri musik, Sumual pernah menjadi manajer band The Titans, memiliki perusahaan rekaman Ayo Records, serta menjadi Ketua Bidang DPP PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu Republik Indonesia.(***)

Pos terkait